Senin, 17 Oktober 2016



Pengalaman Religi sebagai mahasiswa di Universitas Abdurrab

Lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK) membuat saya bingung untuk menentukan dimana melanjutkan kuliah. Awalnya saya mengikuti jalur PBUD di UIN SUSKA namun saya tidak lulus. Akhirnya saya coba jalur mandiri di UIN dan di UNRI, namun saya tidak lulus juga. Akhirnya saya memutuskan untuk coba mengikuti tes di UNIVERSITAS ABDURRAB. Setelah saya mengikuti tes kebetulan dihari itu juga langsung keluar pengumuman kelulusan dari tes tersebut. Setelah pengumuman di temple di mading akhir nya saya di nyatakan lulus. Selelah penentuan kelulusan beberapa minggu kemudian saya mengikuti MOM selama 3 hari. Di masa-masa MOM banyak pengalaman baru yang saya dapatkan, mungkin karena kampus UNIVRAB juga berbasis kan islam selama pelaksanaan MOM semua mahasiswa diharuskan memakai peci sedangkan semua mahasiswi diharuskan memakai jilbab sesuai syar’i. sungguh pengalaman yang sangat baru saya rasakan yang mungkin tidak akan di dapatkan di kampus-kampus lain. Tidak terasa 3 hari masa orientasi mahasiswa telah selesai Kemudian saya mulai menjalankan proses perkuliahan. Pada saat pengisian kartu rencana studi (KRS) disana tertera mata kuliah  al-islam bahkan sampai saya semester III saat ini juga mata kuliah al-islam masih tetap ada. Ini kembali menunjukkan bahwa kampus UNIVRAB yang berbasiskan islam sangat menekankan pelajaran agama untuk mahasiswa/mahasiswinya  agar semua mahasiswa/mahasiswi UNIVRAB tidak hanya pintar dalam akal tapi juga taat agama dan berakhlak mulia. Proses perkuliahan saya mulai hari selasa sampai dengan hari jum’at. Pada saat pergantian dari satu mata kuliah ke mata kuliah yang lain tentu terkadang ada luang waktu yang cukup lama. Di sela-sela waktu itu pula saya melaksanakan solat zhuhur berjamaah di mushola yang ada di kampus. Teman-teman maupun bapak/ibu dosen juga semua ikut berbondong-bondong datang ke mushola ketika mendengar azan di kumandangkan. Sebelum solat zhuhur berjamaah dilaksanakan terkadang ada ceramah agama dari dosen-dosen UNIVRAB yang tentunya itu menjadi pengalaman pribadi tersediri bagi saya. Hampir setiap hari saya mendapat kan ilmu agama dari dosen-dosen yang berceramah sebelum solat zhuhur. kemudian apabila di hari jum’at saya juga melaksanakan solat jum’at di mushola kampus. Saya sangat senang kuliah di UNIVRAB, selain teman-teman dan dosen nya ramah-ramah saya juga banyak mendapatkan ilmu-ilmu agama. Mungkin ini sedikit pengalaman pribadi saya di kampus UNIVRAB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar